Ini 8 Keistimewaan Menjadi Seorang Perawat Yang Wajib Menjadi Kebanggaan.

avitaliahealth.com - Ketika anda memandang seorang perawat, mungkin ada sebuah pertanyaan yang muncul. Apa sih yang menjadi keistimewaan menjadi seorang perawat?

Sudah sekolah atau kuliah sampai dengan D3 bahkan sekarang mulai wajib sampai S1 keperawatan yang membutuhkan waktu yang cukup lama, namun ketika sudah bekerja dalam sebuah rumah sakit, apalagi di bagian keperawatan rawat inap, perawat tiap pagi harus memandikan pasien, kalau pasien minta bantu harus rela meluangkan waktu untuk segala permintaan mereka.

Dan bisa dikatakan seorang perawat harus siap sedia menjadi seorang pelayan pasien dalam segala keadaan, realtime 7 kali 24 jam dalam seminggu.

Kondisi tersebut memungkinkan perawat bekerja non stop dalam segala kondisi, baik pasien dalam keadaan normal, sampai suatu saat pasien mengalami keadaan darurat, bahkan mungkin pada saat detik-detik terakhir saat pasien akan menghembuskan nafas terakhir.

Bahkan mungkin seorang perawat bisa menjadi sebuah tameng atau benteng atau garda terdepan dari berbagai respon yang diberikan dari pasian atau keluarga pasien baik respon yang menyenangkan ataupun tidak menyenangkan yang harus dilalui tiap harinya.

Namun dibalik itu semua, baik dari kelelahan yang dirasa, atau beberapa pekerjaan yang mungkin kurang nyaman dirasakan, ternyata pekerjaan menjadi perawat adalah salah satu profesi yang memiliki banyak kelebihan..



Ingin tahu apa saja keistimewaan profesi sebagai seorang perawat?

Berikut Kelebihan dan Keistimewaan yang harus menjadi kebanggaan seorang perawat kesehatan (Nurse):


1. Menjadi Sorang Perawat merupakan Profesi yang bermanfaat

Salah satu alasan yang sangat baik menjadi seorang perawat adalah Karena sebuah profesi yang sangat bermanfaat yaitu membantu dan merawat mereka para penderita sakit yang membutuhkan perawatan.

2. Menjadi Seorang Perawat Berarti Memiliki Intelegensi yang Baik

Menjadi seorang perawat berarti telah menjalai pendidikan 3 sampai 4 tahun + 1 tahun untuk memperoleh profesi Ns (nurse), yang artinya dengan pendidikan yang sudah di kenyam tersebut, seorang perawat telah di tempa untuk menjadi seseorang yang dapat memahami bagaimana kondisi pasien yang dirawat secara keseluruhan (holistik), dengan ilmu yang dimilikinya.

3. Menjadi Seorang Perawat Berati Memiliki Kemunikasi yang Mumpuni

Menjadi seorang perawat bukanlah sebuah pekerjaan yang individual, melainkan sebuah pekerjaan yang menuntut sebuah kerjasama baik dengan pasien dan tenaga medis lainnya.

Seorang perawat harus bisa mendengarkan keluhan pasien dengan  menyempaikan sebuah komunikasi yang menyejukkan bagi pasiennya. 

Selain itu seorang perawat harus dapat menyampaikan informasi yang akurat berkenaan seluruh proses yang dialami pasein, kepada teman sejawatnya ataupun kepada dokter yang merawat.

Dengan Segala hal yang harus dikomunikasikan secara baik oleh seorang perawat, maka disinilah mengapa seorang perawat pastilah memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni.

4. Menjadi Seorang Perawat Berarti Memiliki Empati yang Tinggi (Emotional Awareness)

Jiwa Pelayanan sebagai seorang perawat dapat dibuktikan dari Empati yang luar biasa terhadap apa yang dialami pasien yang dirawatnya tersebut.  Perawat dapat mengerti, Paham dan ikut merasakan apa yang dirasakan pasien.

5. Menjadi Seorang Perawat Berarti Sudah Teruji Kesabarannnya-Mampu beradaptasi (Patience)

Seorang pasien yang dirawat memiliki berbagai jenis dan karakter yang berbeda-beda. Dari yang mudah diajak bekerjasama, penurut, suka protes dan lain-lainnya.

Dari situlah seorang perawat membuktikan bahwa perawat adalah seorang yang mempu beradaptasi di semua keadaan.

6. Menjadi Seorang Perawat Berarti Memiliki Daya Tahan Fisik yang Tinggi (Physical Endurance)

Banyak keadaan yang mengharuskan daya tahan fisik seorang perawat harus sangat baik. Seorang perawat harus berdiri berjam-jam untuk menangani kasus pasien yang begitu lama, Seorang perawat harus mendorong brankard dan mengangkat beban badan untuk mobilisasi pasien tersebut, dan bahkan sering kali seorang perawat harus meninggalkan waktu istirahat atau waktu makan untuk menolong pasien terlebih dahulu.

7. Menjadi Perawat adalah Panggilan Hati (Groundedness)

 Dengan begitu banyak keunggulan namun untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, butuh perjuangan keras. Maka sebuah profesi keperawatan akan menjadi bagian hidup, jika hal tersebut adalah Panggilan hati anda seutuhnya.

8. Menjadi Seorang Perawat Berarti Memiliki Banyak Kesempatan

Kesempatan yang boleh dimiliki atau layak diterima oleh seorang perawat seperti:

  • Kesempatan untuk belajar : Belajar mengenai obat dan penyakit yang baru.
  • Kesempatan Melakukan Perubahan: Baik besar atau kecil, seorang perawat pasti melakukan perubahan untuk pasien dan keluarga, dengan membantunya setiap hari tanpa kenal lelah
  • Kesempatan untuk mendapatkan Pelajaran dari pasien: Dengan melihat berbagai pasien yang dirawat, perawat bisa mendapatkan pembelajaran untuk bersyukur terhadap kesehatan.
  • Kesempatan mendapatkan teman kerja yang menyenangkan: Seperti diutarakan sebelumnya perawat memiliki sebuah sifat yang empati, tangguh, kuat cerdas dan lucu. Pastilah memiliki teman yang seperti itu adalah hal yang menyenangkan.
  • Kesempatan mendapatkan Pasangan: Perawat baik pria ataupun wanita berkesempatan mendapatkan pasangan didunia medis, salah satunya adalah seorang dokter..


Nah itulah, kelebihan-keistimewaan profesi seorang perawat.

Jadi bagi para kaum muda yang ingin menjadi seorang perawat, jangan ragu- Lanjutkan!!!

atau

Bagi orang tua yang calon mantunya seorang perawat? jangan kawatir, menantunya adalah seorang yang memiliki profesi mulia....

Selamat berkarya.....