Cara Daftar Mobile JKN dan Mengetahui Nomer Kartu BPJS Kesehatan dari Virtual Account BPJS

avitaliahealth.com - Program JKN oleh BPJS Kesehatan, siapa sih yang tidak tau program ini. Bisa dikatakan saat ini program tersebut adalah sebuah program asuransi kesehatan terbesar dan yang paling populer di Indonesia.

Program JKN oleh BPJS Kesehatan dengan kartunya bernama KIS (Kartu Indonesia Sehat) tersebut secara langsung diselenggarakan oleh pemerintah dan sifatnya wajib bagi masyarakat Indonesia. Program ini mulai berlaku sejak 01 Januari 2014.

Semua lini, baik peserta BPJS Kesehatan dan penyelenggara kesehatan diwajibkan terlibat dalam program dari pemerintah tersebut.

Semua masyarakat Indonesia diwajibkan menjadi peserta JKN BPJS Kesehatan tanpa terkecuali.

Adalah hal yang wajib juga bagi pihak perusahaan untuk mengikit sertakan karyawannya menjadi peserta JKN-BPJS Kesehatan.

Selain hal tersebut, dilihat dari sisi Penyedia layanan kesehatan, khususnya rumah sakit baik milik pemerintah ataupun swasta wajib menjadi rekanan BPJS kesehatan guna melayani peserta JKN BPJS kesehatan tersebut.

Bahkan jika pada sampai batas waktu kelonggaran untuk kewajiban rumah sakit untuk mejadi rekanan BPJS Kesehatan belum terlaksaan, Pihak BPJS kesehatan tidak segan-segan akan memberi sanksi kepada RS tersebut.

Melihat dari program BPJS kesehatan yang menganjurkan setiap masyarakat, perusahaan, dan fasilitas kesehatan untuk terlibat semua atau sifatnya "wajib", maka seyogyanya sebuah fasilitas pendukung atau sistem dibentuk untuk memerikan sebuah layanan semakin mudah dalam berbagai situasi dan keadaan.

Sudahkan Anda  Menjadi Peserta BPJS Kesehatan?

Karena Program BPJS Kesehatan Sifatnya wajib,  Maka bagi anda yang akan mendaftar JKN / BPJS Kesehatan, jangan kaget, bahwa Program Jeminan kesehatan ini, tidak bisa daftar secara individu per individu.

Sekali anda kan mendaftar Jaminan Kesehatan ini (JKN), berarti anda wajib mendaftarkan seluruh anggota keluarga yang terdapat dalam Kartu Keluarga Anda tersebut.

Untuk Mendaftar JKN anda dapat daftar langsung kekantor BPJS  Kesehatan terdekat di Kota anda, maupaun melalui Online (baik Melelui Website ataupun Mobile Aplikasi-Mobile JKN).

Untuk cara mendaftar dan berapa iuran yang harus dibayat setiap bulannya anda dapat membaca pada artikel saya sebelumnya mengenai cara Syarat, Cara mendaftar, dan Iuran BPJS Kesehatan terbaru.

Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dari VA (virtual Account) BPJS.



Nah anggap saja anda sudah mendaftar JKN BPJS Kesehatan Offline di Kantor cabang terdekat. 

Bagi peserta yang baru mendaftar BPJS Kesehatan biasanya kepesertaannya akan berlaku setelah 14 hari dari pembayaran iuran untuk pertama kalinya.

Kartu JKN BPJS Kesehatan yang dikenal sebagai Kartui KIS (Kartu Indonesia Shet ini) tidak secara langsung bisa didapat saat anda mendaftar pertama kali.

Anda bisa mendapatkannya setelah membayar Iuran untuk pertama kalinya.  Biasanya Kartu akan dikirim ke alamat yang sudah terdaftar. 

Jika ternyata setelah ditunggu-tunggu tidak kunjung datang, disarankan untuk datang langsung datang kekantor cabang terdekat untuk mencetaknya dengan membawa beberapa syarat seperti:
- Fotokopi KTP dan KK serta
- Struk Pembayaran bulan berjalan

atau alternatif lain:

Jika anda malas untuk mencetak kartu di kantor cabang, anda juga dapat menggunaan E-ID sebagai pengganti resmi Kartu KIS tersebut dengan mengakses Mobile JKN.

Untuk mendaftar sebagai pengguna Mobile JKN harus mengetahui Nomer Kartu terlebih dahulu.

Tapi yang menjadi masalah biasanya adalah saat pertama kali anda mendaftar biasanya tidak langsung diberitahu mana dan berapa nomer kepesertaannya, melainkan hanya diberikan sebuah virtual akun Bank untuk membayar iuran setiap bulannya.

Maka bagi anda sebaiknya, sebelum melangkah keluar kantor BPJS, tanyakan dahulu secara jelas mana yang menjadi nomer kepesertaannya.

Tapi bila terlanjur lupa bertanya dan sudah pergi meninggalkan kantor Cabang tersebut, jangan kawatir anda dapat melihat Nomer kepesertaan Kepala Keluarga dari Nomer vitual yang diberikan.

Caranya cukup Mudah.

Biasanya vitural account terdiri dari 16 digit angka sedangkan nomer peserta bpjs adalah 13 digit angka

Misalnya VA adalah 8888802741244717 (16 digit angka)

Maka untuk mengetahui nomer pesertanya hanya perlu memodif  5 angka pertama dari VA tersebut (88888....)

"Tiga angka 8 pertama di hapus, dan  dua angka 8 selanjutnya diubah menjadi angka 0"

dan nomer selanjutnya, biarlah seperti sediakala.

888-88-02741244717===>0002741244717 

Jadi Nomer Kepesertaan anda adalah 0002741244717

Mudah bukan?

Cara Daftar Pengguna Mobile JKN

Setelah mengetahui nomer kepesertaannya baik dari tanya langsung ke petugas BPJS di kantor cabang terdekat, atau melalui Call center 1500400, atau dengan mengetahuinya langsung dari Virtual Account yang diberikan, selanjutnya adalah mendaftarkan diri sebagai pengguna Mobile JKN.

Pendaftaran mobile JKN dapat mengetahui seluruh data dalam 1 kartu keluarga. Jadi untuk pendaftarannya gunakan Nomer Kartu Kepala Kelarganya saja.

Caranya: 

Langkah 1# Download dan instal Mobile JKN di Play Store untuk android atau App Store untuk iOS

Langkah 2# Pilih Menu berwarna Hijau "Pendaftaran Pengguna Mobile"



Langkah 3#
Isikan data sesuai form yang diminta seperti: Nomer Kartu BPJS, Tanggal lahir, ibu kandung, Pasword, Nomer HP dan Email.

Langkah 4# Setelah mengisi semua data tersebut, sulahkan pilih atau ketuk " registrasi"

Langkah 5# Sebagai tahapan akhir biasanya akan di minta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomer yang telah terdaftar.

Langkah 6# Buka email yang terdaftar tersebut, cari pesan yang dikirimkan dari BPJS Kesehatan berupa kode Verifikasi,

Langkah 7# Catat atau copy Kode verifikasi tersebut dan isikan pada bagian kolom verifikasi email yang terdapat pada mobile JKN.==> lalu OK..

Langkah 8# Berhasil dapat mengakses, seluruh fasilitas yang terdapat dalam Mobile JKN tersebut.




Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan dari Mobile JKN (E-ID) 

Kartu peserta BPJS Kesehatan secara resmi bisa menggunakan KArti Fisik berbentuk seperti KTP atau menggunakan Catakan E-ID yang dikirimkan ke alamat email pengguna atau peserta.

Jika anda berminat menggnakan fasilitas E-ID BPJS Kesehatan, anda dapat mencetaknya melalui aplikasi Mobil JKN.

Caranya Cukup Mudah

Langkah 1# Silahkan masuk atau login ke Aplikasi Mobile JKN

Langkah 2 # Masuk Pada Menu Peserta ===> Kartu Peserta



Langkah 3 # ketuk menu drop down dan pilih salah satu kartu peserta yang akan di cetak

Langkah 4# Setelah ditentukan kartu mana yang akan di cetak, lanjutkan dengan mengetuk/klik tanda amplop surat yang terdapat pada sisi kiri bawah layar.



Langkah 5# Maka secara otomatis E-ID (kartu BPJS) dikirim ke alamat email anda dalam bentuk file PDF.

Langkah 6# Buka Email anda dan cari di kotak masuk email dari BPJS Kesehatan

Langkah 7# Silahkan download atau unduh file Kartu BPJS Kesehatan tersebut,dan anda bisa mencetaknya sendiri di rumah.


Fasilitas yang terdapat dalam Mobile JKN BPJS Kesehatan

Selain untuk mencetak katu BPJS Kesehatan atau E-ID yang bisa resmi digunakan sebagai Kartu peserta, Mobile JKN ternyata memiliki fasilitas lain yang dapat di manfaatkan seperti
  • Informasi Tagihan Premi atau iuran bulanan
  • Mengubah data Peserta dari perubahan faske 1, perubahan alamat dan beberapa yang lain
  • Cek Virtual Account peserta
  • Pendaftaran Auto debit untuk bank rekanan BPJS Kesehatan, seperti Bank mandiri atau non bank seperti Fintech (mobile Cash)
  • Informasi Faskes terdekat
  • dan masih banyak lagi.

Itulah tips untuk mendapatkan Kartu BPJS melalui Aplikasi Mobile JKN melalui data Virtual Account Bank Tujuan Pembayaran Iuran Bulanan BPJS Kesehatan.

Semoga bermanfaat.