Skip to main content

Cara Pantau Update Info Perkembangan COVID-19 Indonesia Via WhatsApp

avitaliahealth.com - Corona Virus COVID -19 terus semakin banyak memakan korbannya hampir di belahan dunia, di negara adikuasa, negara maju bahkan di negara berkembang. Corona virus tak memandang siapa yang akan diserang. Korban terus berjatuhan, dari yang bisa sembuh, sampai menimbulkan sebuah kematian.

Penyebaran COVID-19 yang semakin meluas, oleh pemerintah mencoba ditekan penyebarannya tersebut baik dengan cara social distancing, lockdown suatu negara ataupun daerah tertentu.

Juga sebuah himbauan untuk selalu memperkuat daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan diri, dan proteksi diri dengan alat-alat yang dianjurkan seperti masker, dan hand sanitizer / atau selalu mencuci tangan dengan air dan sabun serta mencoba menerapkan sebuah etika berprilaku batuk yang benar.

Anjuran dan himbauan yang dimaksudkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat sudah diberikan diberbagai media, dari televisi, dan media-media online lainnya.

Nah, salah satu pemberitaan yang disukai orang saat ini salah satunya adalah dengan menggunakan media perpesanan seperti WhatsApp, baik melalui cara penyebaran dari Group ke Group maupun dari person to person.

WhatsApp bisa dikatakan sebagai sebuah media perpesanan yang sangat populer saat ini dan hampir semua pemegang gadget / HP / Smarthone, sehingga semua orang pun pasti menggunakannya.

Dengan kepopuleran aplikasi ini pun, dari instansi atau lembaga yang berkepentingan untuk memberikan sebuah edukasi COVID-19, informasi mengenai perkembangan penyakit tersebut, mencoba memberikan sebuah fasilitas dan informasi melalui COVID-19 Center WA (Chatbox WA)

Apa saja informasi yang bisa didapatkan dari WA Center COVID-19 ini? salah satu informasi yang terupdate adalah mengenai informasi jumlah korban terkini yang terkena COVID-19, dan juga masih banyak lagi.

Dua Instansi di Indonesia yang memberikan informasi Nasional mengenai perkembangan COVID-19 melalui WA adalah Kemenkes RI, dan UNICEF Indonesia.

Lalu bagai mana cara kita mendapat kan informasi terupdate dari 2 instansi tersebut. Berikut Caranya.

1. Cara pantau Perkembangan COVID-19 dari Kementerian Kesehatan RI dari Chatbox WhatsApp


Kemenkes RI mempunyai Kontak Center WA dengan NoWA: 0811-333-99-000

* Silahkan anda Masukkan nomer kontak tersebut, di daftar kontak hp anda.

* Selanjutnya lakukan chat ke nomer kontak center COVID-19 Kemenkes RI.

* Chat yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengetikkan kata : "Hallo"

Selanjutnya anda akan mendapat balasan
" Untuk info peta sebaran COVID-19, bisa klik linik ini https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona

Ada lagi yang ingin kamu tanyakan?
Kalau ada, Ketik MENU untuk kembali kemenu utama, atau ketik SELESAI  bila kamu mau mengakhiri perbincangan kita hari ini"

* Kemudian anda bisa melanjutkan sesuai instruksi tersebut dengan membalasnya dengan ketik "MENU"

* Menu-menu yang dihadirkan meliputi:

A. Kabar Covid-19 terkini di Indonesia
B. Sebenarnya apasih Covid-19  itu?
C. Apa saja gejala Covid-19?
D. Bagaimana Cara melindungi diri?
E. Bagaimana Cara melindungi orang lain?
F. Masker perlu enggak sih?
G. Rumah Sakit Rujukan Covid-19


2. Cara pantau Perkembangan COVID-19 dari UNICEF Indonesia melalui Chatbox Whatsapp

Selain info perkembangan COVID-19 dari Kemenkes, UNICEF Indonesia juga memberikan layanan Contak Center  (Chatbox) melalui WhatsApp yang dapat diakses dengan nomer WA: 08119004567

Untuk cara memperoleh update dari Unicef Indonesia melalui WA mengenai Virus Corona ini, pertama kali silahkan masukkan nomer kontak WA Unicef diatas.

Selanjutnya silahkaan melakukan chat untuk pertama kali dengan Chatbox UNICEF tersebut dengan mengetik kata "Corona"

Dengan mengetikkan kata tersebut, anda akan direpons otomatis yang kemudian diwajibkan untuk melengkapai 4 beberapa survey terlebih dahulu sebelum mengexplor informasi yang lain, seperti:

1. " Tim Global dari WHO, IFRC, dan UNICEF telah merangkum info penting tentang viru corona yang baru #CORONA19 beserta jumlah kasus dari kementerian kesehatan"- Apakah kamu mengetahuinya?

2. Halo! terimakasih ketertarikanmu untuk mendapat info #Covid19, kami perlu mendata dirimu terlebih dahulu (usia, jenis kelamin, domisili) sebagai profil responden

3. Berapa Usiamu?

4. Jenis Kelaminmu?

5. Dari mana Kota Asalmu?

Setelah melengkapinya, anda langsung disunguhi informasi pertama dari UNICEF yaitu Update data pasien COVID-19 global dan Indonesia terkini.

setelah itu, anda silahkan ikuti petunjuknya untuk mendapatkan informasi yang lain mengenai COVID-19 yang meliputi:

A. Apa itu #Covid19
B. Bagaimana #Covid19 tersebar
C. Apa saja gejala #Covid19
D. Cara-cara melindungi diri?
E. Cara-cara melindungi orang lain
F. Misinformasi seputar virus corona yang baru
G. Info tentang masker
H. Data terkini dan lainnya.

Itulah informasi yang 2 chatbox di whatsapp yang dapat digunakan untuk informasi COVOD-19. Semoga whatsapp mu bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close