Skip to main content

Sungguh Mengerikan, Virus Corona dapat Bertahan berjam-jam di Benda dan Udara

avitaliahealth.com - Kabar Virus Corona masih menjadi topik yang selalu hangat untuk ditunggu perkembangannya sampai saat ini.  COVID-19 ini oleh para peneliti masih terus dipelajari dari berbagai aspek untuk bisa menentukan sebuah pencegahan, penanganan dan pengobatan dari penyakit ini.

Salah satu yang menjadi trend berita COVID-19 saat ini adalah berita mengenai virus Corona yang dapat menginfeksi benda-benda lain dan ternyata dapat bertahan berjam-jam dalam benda lain.

Dengan kabar penyebaran tersebut, memang sungguh membuat perasaan ngeri terhadap virus ini, dan pantas saja penyebaran virus ini bisa begitu masive jika tidak segera dilakukan pencegahan secara dini.

Oleh karena itu tentunya untuk mencegah terjadinya virus tersebut mengenai diri kita, seharunya kita harus tetap stramina terjaga dan melakukan tindakan-tindakan preventif seperti cuci tangan, bermasker di saat yang diperlukan, beretika batuk yang baik, serta tindakan-tindakan lain seperti yang dianjurkan pemeberintah salah satunya adalah social distancing.

Dilansir dari beberepa sumber yang ada, seperti dari merdeka.com, dijelaskan bahwa penginfeksian virus corona pada udara dan benda-benda mati ternyata dapat bertahan beberapa jam, namun antara jenis benda yang berbeda, kadar ketahannya juga berbeda pada benda tersebut.

1. Waktu untuk Virus Korona bertahan di Plastik dan Baja

Virus yang menempel pada benda plastik atau Baja dapat bertahan mencapai 72 jam setara dengan 2 atau 3 hari. Namun dalam jangka waktu maksimal tersebut, virus bisa menurun tajam dalam resiko penularannya.

Para ahli pun mengungkapkan bahwa resiko penularan melalui perantara plastik atau baja ini masih sangat minim.

2. Waktu Penularan Virus Corona melalui Media Tembaga

Info ini dilansir dari New York Times dan USAToday, bahwa virus corona ini dapat bertahan di media tembaga ini bisa mencapai lamanya hingga 4 (Empat) Jam.

3. Waktu Penularan Virus Corona Melalui Udara

Penularan virus corona melalui udara ini, sebenarnya bukan berarti virus terbang dengan sendirinya terbang dan menempel pada orang yang dihinggapinya, melainkan melalui perantara yang lain yaitu bercak-bercak cairan dari seseorang yang batuk/ droplet.

Dengan mengikuti percikan percikan tersbut, virus corona tersuspensi dalam dalam tetesan lebih kecil dari lima mikrometer dengan sisten aerosol. Virus dapat ditangguhkan selama kurang lebih setengah jam sebelum virus tersebut menempel pada benda-benda lainnya seperti, bapa, palstik atau media yang lainnya.

Menurut penelitian lebih lanjut yang diutarakan oleh Dr. Vincent Munster sebagai ahli virologi National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengutarakan bahwa virus bisa bertahan sekitar 10 hingga 30 menit di udara

Dengan adanya hal tersebut, maka seseorang untuk menghindari penularan melalui udara tersebut disarankan untuk memakai masker.

4.  Waktu Penularan Virus Corona Melalui Karton dan Kardus

Khawatir menerima paket yang pakai kardus? takut terkena Virus corona? jangan khawatir. Untuk Paket paket yang sampainya lebih dari sehari bisa di nyatakan aman. Tapi bedah hal nya ya.., jika si pengirim paket, lalu bersin di depan kita!!!

Menurut studi yang sempat diterbitkan di New England Journal of Medicine, menerangkan bahwa virus corona(COVID-19) dapat bertahan sampai 24 jam dalam media karton atau kardus.


Itulah sementara beberapa penelitian yang didapatkan dari beberapa ahli. Untuk benda benda lain seperti surat, kain, ataupun kayu tentunya bisa ada resiko terinfeksi oleh virus corona yang dapat menularkan pada manusia, yang intimya memang memilki waktu yang berbeda namun juga memiliki ketahan yang cukup luar biasa untuk berada di area selain tubuh manusia yaitu pada benda benda diluar.

Sebagai catatan:
Dari hasil penelitian yang ada tersebut, memang belum mendapat konfirmasi resmi dari WHO maupun UNICEF mengenai kepastian penelitian tersbut / pernyataan tersebut. Namun, informasi tersebut daoat mengajarkankita untuk tetap waspada.

Oleh karena itu tentunya sekali lagi kita harus tetap berwaspada, bersih diri, menjaga stamina, beretika batuk yang benar, serta jaga jarak antara satu dengan yang lainnya, untu menghindari virus ini semakin menyebar dan memakan korban.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close