5 Cara Pengobatan alami untuk Penyakit Panu dan Kurap

Kulit yang halus dan sehat adalah hal yang sangat dijaga keberadaannya. Namun sebuah kondisi lingkungan yang tidak mendukung dan bertebarannya bakteri membuat sebuah keadaan atau kondisi tubuh khususnya kulitpun bisa terserang sebuah penyakit.

Sebuah penyakit kulit yang sudah banyak diderita orang-orang tertentu, seperti Panu kadas atau kurap
pada intinya tidak berbahayaa, namun penyakit ini bisa menjadi masalah karena dapat mengganggu penampilan penderitanya, juga dapat  menimbulkan perasaan yang tidak nyaman akibat gejala gatal yang ditimbulkan pada saat berkeringat atau pada saat kondisi basah.

Penyakit Panu

Penyakit Panu atau “panau”  atau pityriasis versicolor dalam isilah medisnya tersebut disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Biasanya Jamur tersebut normal banyak ditemukan pada kulit manusia, baik remaja maupun dewasa.

Pada sebagian kecil orang, jamur tersebut dapat berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan iritasi pada kulit penderitanya.

Penyakit panu yang bisa menyebabkan bercak-bercak yang memiliki batas yang jelas dengan perbedaan warna yang jelas pada kulit (warna putih, coklat atau warna merah-menyesuaikan dengan julit penderitanya) tersebut biasanya sering mengenai tubuh pada bagian kepala, muka, leher dada atas, perut, ketiak, lengan, lipat paha, dan kaki, serta pada daerah tubuh lainnya terutama daerah yang lembab dan tertutup oleh pakaian.

Bercak-bercak pada kulit tersebut akan semakin banyak dan semakin melebar, lebih kasar dan semakin terasa seperti bersisik seiriing dengan bertambahnya waktu. Bercak-bercak bersisik tersebut dapat menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman dan mengganggu terutama pada saat penderitanya sedang berkeringat

Penyakit Kupar atau Kadas

Kurap atau orang juga sering menyebutnya dengan kadast kadas merupakan sebuah infeksi kulit karena jamur, dengan ciri-ciri bercak merah di satu area kulit yang lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya. Kaki, selangkangan, Kulit kepala, jenggot, atau area tubuh lain dapat terkena kurap

Penyakit Kurap tersebut biasanya memiliki gejala seperti Kulit akan memerah, gatal, bersisik, atau membengkak, Kulit melepuh atau mulai mengeluarkan nanah dari bercak, Bercak yang mirip dengan cincin dan bagian luarnya lebih merah, Bagian tepi bercak lebih timbul, Jika terjadi pada kuku, kuku mungkin menebal, berubah warna, atau mulai pecah dan Jika terjadi pada  kulit kepala akan muncul beberapa area yang membotak

Penyakit kurap ini sangat umum terjadi pada anak-anak dan orang yang memelihara kucing, Kontak dengan jamur saat Anda basah, Kulit terluka atau tergores ringan, Menggunakan pancuran atau kolam renang umum. Sering berbagi benda macam sikat rambut atau pakaian yang belum dicuci juga rawan terjadi pada orang yang tidak memakai alas kaki.

Jamur yang menyebabkan penyakt ini memiliki tiga jenis jamur yang berbeda yaitu Trichophyton, microsporum, dan epidermophyton.

Untuk kedua penyakit yang memiliki ciri mirip tetapi berbeda tersebut sudah memiliki banyak varian obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut yang beredar di pasaran atau pun apotik.

Walaupun sudah memiliki pengobatan kimia yang biasanya berbentuk salep tersebut, ternyata tidak salah juga kita mencoba untuk pengobatan dengan bahan alami, sebagai alternatif pengobatan yang ada.

Berikut Cara Pengobatan Alami untuk Menghilangkan Panu dan Kurap

1. Dengan Bawang Putih



Bawang putih selain sebagai bahan dasar yang sering dipakai sebagai bumbu dapur ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan panu dan kurap secara cepat dan ampuh.

Cara penggunaan nya adalah sebagai berikut :

  • Ambilah 1 bawang putih dan dikupas dari kulitnya
  • kemudian belah dan gunakan belahan bawang putih itu untuk digosokan di area panu.
  • Gosokkan bawang putih tersebut secara merata.
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal..

2. Dengan Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

 Perpaduan antara Belimbing wuluh dengan kapur sirih dapat juga digunakan untuk penyembuhan panu dan jamur jahat lain yang ada dalam kulit. 

Cara penggunaan nya adalah sebagai berikut :

  • Belimbing wuluh dengan kapur sirih silahkan dicampur dan kemudian ditumbuk halus
  • Selanjutnya berikanlah pada bagian panu.
  • Ratakan hingga bahan-bahan alami tersebut menyebar secara merata di area bagian yang terkena panu.
  • Tunggu hingga kering lalu bersihkan dengan air bersih.
  • Lakukan secara rutin

3. Dengan Jahe



Jahe yang sering bisa dgu nakan sebagai bumbu dan Bahan minuman yang bisa menyegarkan dan menghangatkan badan ini juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa menghilangkan panu dan kurap yang ampuh dan tanpa efek samping

Cara penggunaan nya adalah sebagai berikut :

  • Ambilah 1 buah jahe untuk dibelah dan kemudian gunakan segi belahan lengkuas itu untuk digosokan di area panu dan kurap.
  • Gosok kulit dengan jahe pada daerah yang terserang panu sampai kulit agak memerah dan terasa pedih.
  • Lakukan hal tersebut dalam aturan 3x dalam 1 hari saja agar  panu dan kurap akan menghilang dengan cepat.

4. Lengkuas / Laos



Lengkuas atau laos yang sangat mudah dijumpai, jika para ibu-ibu berbelanja bumbu dapur sebagai penyedap rasa tersebut denagn bahan yang terkandung didalamnya ternyata juga dipercayai dapat menyembuhkan panu dan kurap yang sering menggerogoti kulit kita.

Cara penggunaan nya adalah sebagai berikut :

  • Ambilah 1 lengkuas untuk dibelah dan kemudian gunakan segi belahan lengkuas itu untuk digosokan di area panu.
  • Untuk memaksimalkan hasilnya silahkan taburkan sedikit garam dibagian luar belahan lengkuas tadi.
  • Gosokkan laos tersebut pada kulit yang terkena panu sampai kulit terlihat agak memerah dan terasa pedih.
  • Lakukan hal tersebut sebanyak 3x dalam 1 hari saja agar panu akan menghilang dengan cepat.

5. Lidah Buaya



Lidah buaya dalam keseharian kita sering digunakan sebagai tanaman penghias lingkunagn rumah kita. Selain hal tersebut juga tanaman lidah buaya dapat digunakan sebagai bahan kecantikan.

Dengan kandungan yang ada dialamnya yaitu agen antiseptik, ternyata tanaman lidah buaya dapat digunakan segai bahan alami untuk menyembuhkan penyakit kadas dan kurap dengan memerangi virus, bakteri dan jamur serta sejenis yang lainnya.

Lidah buaya yang dapat menimbulkan sensasi dingin juga bisa menghilangkan gatal pada kulit, mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Cara penggunaan nya adalah sebagai berikut :

  • Kupas lidah buaya dan ambil daging bagian dalamnya.
  • Lidah buaya yang sudah berbentuk Gel dapat langsugn dioleskan pada kulit yang mengalami kurap selama tiga sampai empat kali sehari.
  • Lakukakan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
Sebagai catatan tambahan, penyakit panu dan kurap merupakan penyakit menular. Penularan panu dan kurap tersebut hampir sama bisa terjadi karena hal-hal berikut: Orang sehat langsung bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, juga bisa terjadi pada orang yang menyentuh hewan pengidap kurap, Orang menyentuh benda atau permukaan yang disentuh atau digosok oleh orang atau hewan terinfeksi, misalnya pakaian, handuk, sprei dan linen, sisir, dan sikat.

Itulah beberapa tips cara alami untuk mengobati penyakit panu dan kurap. Semoha dapat memberikan gambaran dan alternatif pengobatan yang bisa anda coba untuk memanfaatkan bahan alami di sekitar anda.

Salam Sehat...

Popular posts from this blog

Jadwal Praktek Dokter RS Hermina Tangkubanprahu Malang

Update 2019! Jadwal Praktek Dokter RS Hermina Palembang-Bag. 1

Jadwal Praktek Dokter RS Persada Malang