20 Manfaat Sinar Matahari pagi, Jam berapa harus berjemur?

Pagi adalah sebuah waktu untuk mengawali perjalanan dalam kegiatan penuh dalam satu hari. Bagun pagi akan membawa kesegaran tersendiri bagi tubuh kita.

Di pagi hari kita dapat melihat suasana keindahan alam yang lebih segar, meyongsong terbitnya matahari dari timur yang membawa kehangatan.

Tuhan sudah memberikan secara cuma-cuma alam dan keindahannya kepada ciptaan, termasuk memberikan sebuah cahaya yang memberikan kehidupan bagi siapa saja yang ada di bumi. Jadi manfaatkanlah yang sudah diberikan secara-cuma-cuma tersebut untuk kebaikan kita semua.

Sinar Matahari telah memberikan banyak manfaat bagi alam, termasuk bagi manusia yaitu bagi kesehatan tubuh kita. Banyak orang memanfaatkan sinar matahari dengan mencoba berjemur dibawah sinar mata hari khususnya sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi dengan rasa hangat yang menyegarkan tubuh saat berjemur ternyata memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh manusia karena dapat membantu tubuh kita memproduksi Vitamin D dan hormon serotin serta dapat membunuh mikrobakteria.


Berikut beberapa mabfaat yang dapat diperoleh dari sinar matahari di pagi hari.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Tubuh, Tulang dan Kulit

1. Sinar matahari dapat merangsang tubuh kita memproduksi Vitamin D.
Paparan sinar matahari yang mengenai wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.

Dengan terbentuknya Vitamin D didalam tubuh akan memberikan manfaat
  • meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mentransfer kalsium melintasi membaran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. 
  • memberikan perlindungan dan pencegahan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. 
  • membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung. 
2.  Dapat meningkatkan Sirkulasi Darah
Sinar matahari mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. sehingga nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka. Dengan begitu, kesehatan pun menjadi lebih baik.

Selain hal tersebut, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

3. Dapat Memperbaiki kulit
Dengan berjemur yang benar dan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Dengan terpaparnta tubuh oleh sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

 4.  Dapat menurunkan risiko kanker 
Proses Sintesis vitamin D dalam tubuh oleh sinar matahari dan aturan berjemur yang benar dapat menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus, dan kanker ovarium.  Namun jika penggunaan atau penempatan sinar matahari yang tidak tepat pada tubuh kita, malah akan menambah resiko terkena kanker kulit.

5. Dapat Mencegah Diabetes
Paparan sinar matahari dan vitamin D yang cukup dapat mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak, hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah studi mngenai hal tersebut. Selain hal tersebut juga diyakini bahwa terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang penyimpanan kadar gula didalam otot dan di hati.

6. Menguatkan sistem kekebalan
Dengan terpapar terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus, sehingga secara otomatis sistem kekebalan tubuh akan semakin menguat.

7.  Detoksifikasi tubuh
Paparan sinar matahari dapat memperbaiki fungsi dengan cara meningkatkan pengeliminasian racun dalam tubuh. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.

8.  Dapat memperbaiki sistem pencernaan
Sinar matahari yang kita dapat saat berjemur di pagi hari ternyata bisa berpengaruh pada peningkatan  nafsu makan, meningkatkan metabolisme dan memperbaiki sistem pencernaan

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Mental dan Jiwa

Sinar matahari selian dapat berguna bagi tuhuh fisik kita, ternyata sinar matahari juga dapat memberikan sebuah rangsangan pada kejiwaan kita. Berikut manfaatnya:

1. Sinar matahari selain dapat merangsang tubuh memproduksi Vitamin D, ternyata sinar matahari juga dapat merangsang pembentukan Hormon Serotonin dalam tubuh.

Hormon serotinin merupakan sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus.

2. Atasi depresi :
Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin sendiri adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

3. Perbaiki kualitas tidur
Sinar matahari yang mengenai kita juga dapat merangsang peningkatan produksi melatonin yaitu suatu hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh berukuran seperti kacang kecil yang ditemukanji/ di dasar otak. Dalam hal ini, Melatonin merupakan salah satu bagian yang dibutuhkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Anak Bayi

Dari manfaat sinar matahari secara umum yang sudah dijelaskan diatas, ternyata sinar matahari pagi bayak dimanfaatkan juga sebagai pilihan terapi bagi bayi yang baru lahir.

1.  Menghindarkan Bayi Kuning
Kalau anda pernah melihat bayi yang baru lahir atau umuran beberapa hari tubuhnya menjadi kuning, pasti orang tua akan merasa cemas. Hal tersebut merupakan hal yang dapat terjadi karena baru lahir beresiko mengalami kuning yang disebabkan kadar bilirubin mulai naik pada hari ke 3 sampai hari ke 5 dan menurun pada saat bayi berusia 7 sampai 10 hari. Untuk mengontrol hal tersebut, Sinar Matahari Pagi dapat membantu menstabilkan bilirubin dalam darah bayi sehingga kadar kadar bilirubin yang akan meningkat tertahan dan akan kembali normal. Dengan demikian rona kulit bayi yang kuning akan berangsur normal juga.

2.  Memperkuat Tulang Bayi
Kandungan vitamin D dalam sinar matahari pada kesehatan bayi dapat untuk membantu kalsium  mudah terserap dalam darah. Dengan demikian akan menyatu dengan tulang untuk memperkuat tulang. 

3.  Menghangatkan Tubuh Bayi
Dengan SInar matahari yang hangat  akan membantu bayi untuk menghilangkan lendir yang masih tertinggal dalam saluran pernafasannya, terutama pada bayi yang mempunyai alergi.

4.  Menghindari Stres Pada Bayi
Bayi menangis terus menerus tanpa ada gejala penyakit lainnya merupakan sebuah tanda-tanda stres pada bayi. Sinar matahari pagi dapat membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh bayi yang dapat membantu melawan stres yang dirasakan bayi.

Manfaat Sinar Matahari Pagi Bagi Ibu Hamil dan Janin

Selanjutnya, Berjemur dipagi hari juga sering menjadi perhatian bagi Ibu yang sedang hamil, untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dengan janin yang sehat pula.

Seorang ibu hamil, baik untuk melakukan jemur tubuh di pagi hari, karena akan mendapatkan sebuah manfaat yang berimbas pada tubuh ibu dan si janin.

1. Memberikan Asupan Vitamin D

2. Membantu Penyerapan Kalsium yang juga dapat Membantu Menyempurnakan Pertumbuhan Tulang pada janin

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Diabates

4. Dapat Membantu Tumbuh Kembang Janin Lebih Optimal
Dari penelitian yang ada, ternyata terdapat korelasi positif antara cukupnya Vitamin D pada proses kehamilan di trisemester pertama dan kedua, yakni Perkembangan kemampuan mental serta sel motorik bayi di dalam kandungan.  Hal tersebut bisa nampak dalam sebuah perbedaan IQ anak dengan Vitamin D yang cukup dan dengan Anak yang Kurang mendapat Vitamin D.

Biasanya anak yang mendapat Vitamin D yang cukup,akan memiliki IQ yang lebih tinggi dari Anak yang kurang mendapat asupan vitamin D yang cukup pada masa kandungannya.

5. Memiliki Kesehatan Mental yang Baik
Selain berpengaruh pada IQ sang Anak, vitamin Dyang cukup pada waktu kehamilam juag bisa mempengaruhi tes mental dan motorik anak setelah dilahirkan. Anak dengan vitamin D rendah rata-rata hanya mendapatkan nilai sebesar 2,6 atau 2,3 poin saja. Hal tersebut dapat menunjukkan perbandingan lebih rendah dari pada anak yang mendapatkan cukup asupan vitamin D saat masih dalam kandungannya.

Jam berapa atau Kapan Waktu yang tepat untuk berjemur

Setelah kita mengetahui manfaat dari sinar matahari pagi bagi kesehatan kita, maka jangan kita segan segan untuk berjemur sinar matahai dipagi hari. Namun kapan waktu yang tepat atau pada pukul berapa kita harus berjemur?

Banyak perdebatan yang terjadi mengenai waktu yang tepat untuk mendapatkan Sinar matahari yang dapat menyehatkan tubuh.

Potensi Vitamin D yang optimal dihasilkan oleh sinar matahari adalah Semakin siang, semakin banyak vitamin D yang diproduksi. Sederhananya, semakin tinggi bayangan yang Anda miliki, semakin sedikit vitamin D yang dihasilkan, dan sebaliknya.

Jadi menurut para ahli Sinar matahari yang direkomendasikan adalah mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore.

Namun karena ada hal-hal seseorang enggan berjemur diwaktu tersebut, karena rasa panas yang kurang bersahabat terutama untuk kulit, mata yang bisa menambah resiko katarak, juga terhadap rambut yang bisa membuat kusam dan kasar. Lebih baik kita memilih Sinar matahari pagi yang masih memiliki suasana segar alam, bersahabat dengan tubuh, juga vitamin D yang cukup pula.

Jadi, Jam berjemur pada Pagi Hari yang Sehat adalah sampai dengan jam 10.00 Pagi dan Lamanya waktu berjemur yang di sarankan oleh Dokter adalah sekitar 30 Menit.

Itulah sejumlah manfaat dari Sinar Matahari bagi kita dan jam yang efektif untuk berjemur bagi kita, ibu hamil dan buah hati kita.

Semoga dapat bermanfaat.

Popular posts from this blog

Jadwal Praktek Dokter RS Hermina Tangkubanprahu Malang

Update 2019! Jadwal Praktek Dokter RS Hermina Palembang-Bag. 1

Jadwal Praktek Dokter RS Persada Malang