Skip to main content

Kumpulan 100+ Alat Kesehatan Rumah Sakit Beserta Fungsinya

Pemakaian alat yang dapat membantu seseorang memperoleh kulitas kesehatan yang lebih baik merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh seseorang secara pribadi yang mengalami penurunan kondisi tubuh, maupun oleh instansi kesehatan dalam membantu para pasein memulihkan suatu penyakit yang diderita atau memulihkan kondisi tubuh yang sedang mengalami penurunan.

Alat-alat yang dipakai tersebut sering orang menyebutnya dengan istilah Alat Kesehatan Atau Alkes. Dalam sekilas pengamatan, Istilah Alat Kesehatan mungkin terdengar sebagai suatu yang sederhana, tetapi pada kenyataannya Alat Kesehatan ini memiliki arti yang cukup perlu dicermati.



Dalam difinisi yang resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Permenkes 1189-1190-1191 Th 2010 Alat Kesehatan adalah "instrumen, aparatus, mesin dan/atau implan yang tidak, mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis,menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan/atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh."

Kemudian Peraturan tersebut dipertegas kembali dalam Permenkes Nomor 70 Tahun 2014 Alat kesehatan diartikan sebagai "instrumen, aparatus, mesin, perkakas, dan/atau implan, reagen in vitro dan kalibrator, perangkat lunak, bahan atau material yang digunakan tunggal atau kombinasi, untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan, dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia, dan/atau membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh, menghalangi pembuahan, desinfeksi alat kesehatan, dan pengujian in vitro terhadap spesimen dari tubuh manusia, dan dapat mengandung obat yang tidak mencapai kerja utama pada tubuh manusia melalui proses farmakologi, imunologi atau metabolisme untuk dapat membantu fungsi/kinerja yang diinginkan."

Setelah mencermati pengertian yang disajikan oleh Permenkes tersebut, ternyata Alat kesehatan memiliki banyak macam dan dapat digolongkan dari beberapa sudut. 

Penggolongan tersebut dapat dilihat dari fungsinya, sifat pemakainannya, kegunaannya, umur peralatan, macam dan bentuknya, kepraktisan penyimpananya, berdasarkan katalog pabrik juga dari Kepmenkes RI No 116/SK/1979 yang menggolongkannya secara khusus.

Berikut  Kumpulan Alat Kesehatan yang sering digunakan di Rumah Sakit berserta fungsi dari alat-alat tersebut.

➤➮Breathalyzer

1. Alcohol Detector




Alcohol Detector merupakan salah satu alat kesehatan yang dapat menditeksi seseorang dalam pengaruh alkohol atau tidak.

Alat ini bisanya digunakan untuk pemeriksaan kelayakan bagi para pengemudi kendaraan, petugas penerbangan, Pekerja tambang, Pelaut dan juga bagi pekerjaan dengan profesi lain yang memang dirasa perlu dilakukan pengecekan tersebut.

2. Smoker Lyzer CO detector




Smoker Lyzer CO detector merupakan sebuah alat penditeksi kadar udara dalam ruangan yang secara khusus menganalisa kandungan Karbon Monoksida yang meemiliki sifat racun bagi tubuh.

➤➮Funiture Rumah Sakit

1. X Ray Film Reviewer




X Ray Film Reviewer merupakan sebuah alat bantu untuk melihat hasil foto X ray (Rontgen) yang pencahayaannya menggunakan lampu led dan dapat menghasilkan gambar yang akan terlihat jelas. Alat tersebut bisanya ditempatkan diruangan dokter untuk memudahkan seorang dokter membaca hasil rontgen tersebut.

2. Tempat Tidur Pasien




Tempat Tidur Pasien ini merupakan sebuah peralatan di rumah sakit yang memiliki kegunaan untuk tempat istirahat pasien yang secara umum memiliki kondisi lemah yang harus memerlukan istirahat dengan posisi yang tepat dan juga memudahkan tenaga medis dalam memberikan pelayanannya tanpa menggang kondisi pasien yang kurang stabil.

Biasanya tempat tidur pasien ini berada pada ruang perawatan untuk pasien rawat inap maupun diruang emergency/ IGD.

3. Inkubator Bayi




Inkubator bayi merupakan sebuah alat medis yang memberikan kehangatan, kelembaban dan oksigen yang dapat dikontrol secara penuh yang diharapkan dapat menciptakan suatu lingkungan bersih dan membantu melindungi bayi dari suara bising, debu, infeksi dan tangan-tangan yang mungkin dapat mengganggu bayi tersbut.

Biasanya Inkubator ini dipergunakan untuk keperluan bayi yang lahir prematur ataupun bayi-bayi yang memiliki kelainan yang memang keadaanya harus memerlukan alat bantu untuk kelangsungan hidupnya terutama di bulan-bulan pertema setelah dilahirkan sampai dengan bayi tersebut dirasa sudah siap bertahan pada kondisi normal.

Inkubatot bayi di rumah sakit bisasanya sering ditemukan di ruang pediatric / anak-anak seperti ruang awal untuk melahirkan (VK-Verlos Kamer) dan ruangan perinatal ataupun neonatal (PICU/NICU-Neonatal Intensice Care Unit)

4. Examination Bed / Examination Table




Examination Bed / Examination Table atau sering disebut meja atau ranjang atau tempat tidur periksa pasien ini diperuntukkan untuk keperluan seorang tenanga medis baik dokter, bidan atau yang lain dalam pemeriksaan atau melakukan tindakan medis yang memerlukan kondisi berbaring.

5. Meja Operasi




Meja Operasi adalah sebuah meja yang dipergunakan oleh tenaga medis khususnya oleh seorang dokter dalam melakukan tindakan operasi yang diharapkan dengan adanya meja tersebut dapat meringankann kinerja dokter pembedah, meningkatkan efektifitas dan keberhasilan operasi dan merupakan sebuah salah satu syarat prosedural pelaksaanaan operasi pembedahan

6. Kursi Tranfusi Darah




Kursi Tranfusi Darah merupakan sebuah alat kesehatan rumah sakit yang dapat mempermudah petugas medis dalam melakukan proses tindakan pengambilan darah ataupn tranfusi darah. Dengan adanya Kursi tersebut diharapkan dapat mempermudah, memerlancar, serta dapat membuat nyaman seorang pasien dalam proses tranfusi tersebut.

➤➮Peralatan Bedah

1. Electro Surgical Device / Electro Surgeical Unit (ESU)




Electro Surgeical Device alat bedah listrik ini merupakan alat bantu proses operasi atau pembedahan yang dilakukan dengan menggunakan energi listrik. Energi listrik yang dipakai oleh alat tersebut mencapai 200.000 HZ. Alat ini merupakan alat yang multi guna, tetapi kerap kali dijadikan sebagai pengganti pisau dalam proses pembedahan / operasi.

2. Lampu Operasi




Lampu Operasi merupakan sebuah alat medis yang digunakan untuk membatu penerangan dalam sebuah proses pembedahan dengan menerangi area lokal  atau rongga pada bagian tubuh pasien

3. Mesin Anestesi / Mesin Gas




Mesin Anastesi atau mesin Gas sering digunakan oleh seorang Dokter Anestesi / Penata Anastesi untuk melakukan proses anastesi dalam suatu tindakan operasi. Fungsi dari Mesin Anestesi adalah menyalurkan atau mengeluarkan gas / campuran gas anestetik yang sudah dipastikan keamanannya ke rangkaian sirkuit anestetik yang kemudian dihisap oleh pasien dan membuang sisa campuran gas dari pasien

4. Infusion Pump




Infusion Pump merupakan alat medis yang memiliki fungsi sebagai alat pengukur jumlah cairan atau obat dari infus yang masukkan kedalam sirkulasi darah pasien secara langsung melalui Vena.

➤➮Peralatan Farmasi
Alat Kesehatan Farmasi berikut ini merupakan satu kesatuan dalam proses pengemasan Obat Racikan atau membuat obat Puyer. Alat-alat tersebut berupa:

1. Alat Peracik Puyer Manual, Blender Obat, atau Alat Peracik Puyer Elektrik

Peracik Manual
Blender Peracik Obat


2. Sendok Racik Puyer:


Sendok tersebut merupakan sendok yang digunakan untuk mengabil hasil racikan. Sendok ini bisanya terbuat dari Plastik dan ada juga yang terbuat dari tanduk kerbau atau tanduk sapi.

3. Kertas Perkamen.



Kertas ini merupakan kertas yang digunakan untuk membungkus hasil racikan obat puyer tersebut.

➤➮Peralatan Forensik

1. Body Bag / Kantung Mayat


Body Bag merupakan sebuah kantung yang digunakan untuk membungkus mayat sementara  bagi para korban kecelakaan atau kasus pembunuhan lainnya yang sudah meninggal untuk dipindahkan ke tempat yang lebih baik.

Biasanya kantung tersebut dilengkapi dengan resliting yang berguna untuk mempermudah membuka dan menutup kantung tersebut untuk mngembil atau memasukkan mayat korban kecelakaan atau pembunuhan.

2.Mortuary Refrigerator / Pendingin Penyimpan Mayat




Mortuary Refrigerator merupakan sebuah alat pendingin yang memiliki fungsi menyimpan jenazah yang masih diperlukan untuk kepentingan tertentu. Biasanya terbuat dari stainless dan memiliki suhu sekitar -4 sampai -9 derajat.

➤➮Peralatan Gynecology

1. Fetal Doppler / Doppler USG Portable / Baby Doppler




Fetal Doppler merupakan sebuah alat ultra sound portable yang dapat digunakan untuk mendengarkan denyut Jantung pada Janin ibu hamil.

2. Billirubin Meter



Billirubin Meter Merupakan sebuah alat pengukur jumlah bilirubin pada manusia dan biasanya digunakan untuk pengukuran billirubin pada bayi.

2. CTG (Cardiotograph) Doppler
CTG Dopler merupakan Salah satu alat kesehatan gynecology yang digunakan untuk memeriksa kesehatan janin yang bisanya dilakukan pada usia janin 7 sampai 9 bulan.

CTG dapat memberikan gambaran berupa signal irama denyut jantung janin (DJJ), gerakan janin dan kontraksi rahim

2. USG
USG atau Ultrasonography merupakan alat yang prinsip dasarnya menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang tidak dapat didengar oleh telinga. Saat ini USG bisa mengeluarkan Hasil 3 Dimensi dan 4 Dimensi.

USG dalam fungsinya sebagai peralatan Gynecology, sering digunakan untuk mengkonfirmasi kehamilan, Untuk memeriksa plasenta, uterus, ovarium, dan leher rahim,  untuk mengetahui kondisi bayi dalam kandungan, dan yang paling populer adalah untuk mengetahui jenis kelamin pada janin biasanya pada usia kehamilan Minggu ke 24 hingga Minggu ke-40.

➤➮Peralatan Kardiologi

1. EKG / ECG (elektrokardiogram)
EKG / ECG merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mediagnostik berupa evaluasi fungsi jantung, memberikan gambaran ukuran dan bentuk hati dengan baik.

Cara kerjanya dengan merekam aktivitas listrik dari jantung, dan pada batas tertentu, mengidentifikasi jika ada peredaran atau aliran darah yang tidak normal.

2. Stetoskop



Stetoskop merupakan alat kesehatan akustik yang sering digunakan oleh para dokter untuk mendengar suara-suara yang berasal dari dalam tubuh, terutama jantung dan paru selain persendian serta arteri yang tersumbat secara parsial atau dengan kata lain stetoekop secara keseluruhan memiliki keuntungan dapat mendengarkan suara yang dihasilkan oleh jantung, paru-paru dan usus.

3. Vena Finder / Vien Finder

Vien Fider merupakan sebuah alat Kesehatan yang memiliki kegunaan atau berfungsi untuk mempermudah menemukan letak pembuluh darah Vena. Bisanya ini digunakan untuk mempermudah tenaga para dalam melakukan tindakan suntik terhadap pasien.

4. Kateter

Kateter secara umum yang sering didengar adalah sebuah alat /  sebuah tabung yang dimasukkan kedalam tubuh untuk mengeluarkan atau memasukkan cairan ke dalam rongga tubuh.

Tetapi dalam hubungannya sebagai alat Cardiology kateter ini adalah sebuah alat berbentuk selang panjang, tipis dan flexibel, yang akan dimasukkan di pembuluh darah di lengan, pangkal paha, ataupun di leher yang kemudian diarahkan menuju jantung, yang fungsinya untuk untuk mendiagnosa dan juga untuk mengobati beberapa penyakit jantung atau juga sering disebut dengan kateterisasi jantung.

5. Treadmill



Treadmill merupakan sebuah alat kesehatan dan juga sebagai alat olah raga yang dilakukan dengan cara berlari kecil diatas alat tersebut.

Dalam dunia kesehatan kususnya sebagai alat cardiologi, Tradmill berfungsi sebagai alat untuk mendiagnosa dan juga untuk mengobati beberapa penyakit jantung dan juga bertujuan untuk mengetahui berapa banyak stress yang dapat ditanggung oleh jantung sebelum jantung mengalami suatu gangguan (misalnya irama jantung menjadi abnormal atau mulai menunjukkan tanda-tanda iskemia karena aliran darah yang masuk ke dalam otot jantung tidak mencukupi).

6. X Ray Film
X Ray Film merupakan sebuah media sebagai tempat terciptanya hasil dari gambar X ray (Rontgen).

➤➮Peralatan Kedokteran umum

1. Stetoskop  dan Stetoskop Dual Head



Stetoskop merupakan alat kesehatan akustik yang sering digunakan oleh para dokter untuk mendengar suara-suara yang berasal dari dalam tubuh, terutama jantung dan paru selain persendian serta arteri yang tersumbat secara parsial atau dengan kata lain stetoekop secara keseluruhan memiliki keuntungan dapat mendengarkan suara yang dihasilkan oleh jantung, paru-paru dan usus

2. Penlight



Penlight merupakan lampu senter kecil yang berbentuk seperti pulpen/pena yang sering digunakan oleh dokter atau perawat untuk memperoleh penerangan pada mulut, mata, THT atau bagian lainnya yang memerlukan pemeriksaan dengan penerangan.

➤➮Peralatan Keperawatan
1. Air Cusion
sebagai tempat duduk pada penderita wasir/ ambeien.

2. Bedpan
untuk menampung feses pada pasien.

3. Botol Panas
untuk kompres panas

4. Colostomy Bag
untuk menampung feses pada pasien setelah operasi colon (pembedahan usus buatan melalui otot dan kulit perut)

5.Emesis basin
untuk menampung muntah, nanah, kapas bekas

6. Eskap
 untuk kompres dingin

7. Kain kasa
berupa kain jarang-jarang, seperti ram kawat untuk verband atau penutup luka.

8. Pelindung Puting Susu
untuk melindungi putting susu yang lecet pada waktu menyusui.

9. Plester
untuk menutupi luka dilengkapi pelekat.

10. Pompa Susu
untuk membantu memompa air susu keluar dari payudara yang sedang menyusui.

11. Urinal
untuk menampung urine pada pasien..

➤➮Peralatan Neurologi

1. EEG / Elektro Encephalo Graph
EEG merupakan alat kesehatan yang sering digunakan sebagai fasilitas penegakan seuatu diagnosa oleh dokter saraf. Alat tersebut digunakan sebagai tes atau alat pengukur aktivitas kelistrikan dari otak untuk mendeteksi adanya kelainan dari otak.

2. EMG / Electromyogram
EMG merupakan alat yang digunakan untuk merekan dan mengevaluasi fungsi saraf dan otot. Alat ini bisanya sering digunakan oleh dokter saraf dan dokter orthopedi sabagai salah satu sarana menegakkan sebuah diagnosa bagi pasiennya.

➤➮Peralatan Paru

1. Peak Flow Meter
Peak Flow Meter adalah sebuah alat yang dapat mengukur jumlah aliran udara dalam jalan nafas manusia. Bisanya alat ini sering digunakan pasien yang menderita asma.

2. Mucus Ekstraktor / Penghisap Lendir de lee / Suction Cathether
Mucus Ekstraktor merupakan alat yang digunakan untuk menghisap lendir dari trakea baru lahir yang diharapkan dapat menjamin bebasnya pernafasan

3. Spirometer / Spirometri
Spirometri adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur volume statik dan volume dinamika dalam paru-paru manusia atau dengan kata lain memiliki fungsi sebagai alat pengukur aliran udara yang masuk dan keluar dai paru-paru dan dicatat dalam grafik volume per waktu, sehingga dapat memonitor kinerja paru-paru terhadap perawatan yang sedang dilakukan

4. Masker CPAP


➤➮Peralatan Pendiagnosa Penyakit

1. Buku test buta warna
untuk memeriksa orang yang buta warna.

2. Chart Vision Snellen
memeriksa visus/ ketajaman penglihatan.

3. Reflex Hamer
Sebuah alat kesehatan yang mnyerupai Palu yang digunakan untuk memeriksa kemampuan refleksi dari bagian tertentu tubuh kita, misalnya lutut.

4. Laringeal mirror
untuk memeriksa dan melihat keadaan dalam mulut dan tenggorokan.

5. Sphygmomanometer
untuk mengukur tekanan darah


6. Speculum
untuk memeriksa atau melihat bagian yang berada di dalam liang rongga.

7. Thermometer 
untuk mengukur suhu tubuh.

8. Tong spatel
untuk menekan lidah agar dapat memeriksa/ melihat kelainan pada tenggorokan, misalnya amandel. Faringitis.

➤➮Peralatan Sterilisasi Medis

1. Lampu UV
Lampu Ultra violet (UV) memiliki fungsi sebagai alat sterilisasi radiasi dapat membunuh mikroorganisme.

2. Autoklaf
Autoklaf adalh sebuah alat kesehatan yang fungsinya mensterilkan alat dan bahan dengan tekanan uap optimum, biasanya dalam tekanan  15 Psi dan suhu 121°C

➤➮Peralatan THT

1. Timpanometer
Timpanometer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk pemeriksaan timpanometri yaitu suatu pemeriksaan untuk mengetahui keadaan telinga bagian tengah. Untuk hasilnya dapat berupa timpanogram yang menyajikan hasil sebagai sebuah grafik.

2. Otoskop
Otoskop merupakan alat yang memiliki fungsi untuk memeriksa telinga dengan memberikan suatu visualsasi terhadap keadaan telinga yang diperisa . Alat ini memiliki lensa dan cahaya, sehingga dapat melihat atau menjangkau pengelihatan dari telinga dalam sampai dengan telingga tengah.

3. Laringoskop
Laringoskop merupakan alat yang digunakan untuk melihat pita glotis dan pita vokal yang berada didalam tenggorokan pada saat sorang dokter melakukan intubasi kepada pasien.
Biasanya alat ini sringkali digunakan di IGD, ICU, OK, dan Ruang Keperawatan.

4. Audiometer
Audiometer merupakan alat yang digunakan untuk pemeriksaan audiometri untuk mengetahui jenis dan derajat ketulian atau gangguan pendengaran atau dengan kata lain Audio meter adalah alat penguji pendengaran manusia

➤➮Peralatan Tindakan Medis
1. Cathether
untuk mengeluarkan/ pengambilan urine.

2.Currete
untuk membersihkan rahim pada pasien abortus/ keguguran

3. Feeding Tube
untuk nutrisi/ pemberian cairan makanan melalui mulut atau hidung.

4. Infusion set
selang untuk pemberian cairan infus.

5. Jarum Suntik
untuk menyuntik digabungkan dengan alat suntik.

6. Sarung Tangan
untuk melindungi tangan dari pengaruh lingkungan sekeliling.

7. Spuit / Syringe
untuk menyuntik.

8. Spuit Gliserin
untuk menyemprotkan lavement/ clysma melaui anus  cairan yang sering digunakan adalah gliserin atau larutan sabun.

9. Stomach Tube
untuk mengumpulkan cairan/ getah lambung, untuk membilas/ mencucui isi perut.

10. Suction Cathether
untuk menyedot lendir dari trakhea bayi baru lahir.

11. Tranfusion Set
untuk pemberian tranfusi darah.

12 Urine Bag
untuk menampung urine yang dihubungkan dengan Balloon Cathether/ Foley Cathether  untuk mengeluarkan/ pengambilan urine pada sistem tertutup.

13. Wing needle
sebagai perpanjangan vena untuk pemberian cairan infus atau obat intra vena dalam jangka lama.


➤➮Seragam Medis
Seragam Medis dibuat bukan untuk tujuan Fashion tapi lebih pada fungsi dari seragam medis tersebut.

1. Baju Pasien
Baju pasien yang dipakai seorang pasien saat dirawat memiliki tujuan memberikan kenyamanan kepada pasien saat dirawat di rumah sakit. Baik kenyamanan dalam beristirahat dan kenyamanan dam petugas yang melakukan tindakan perawatan kepada pasien tersebut.

2. Gelang Pasien
Gelang Pasien biasanya terdapat beberapa warna seperti Merah, Kuning, Bitu atau Pink. dengan Gelang yang ditandai warna tersebut memiliki arti yang bertujuan untuk mengidentifikasi seorang pasien baik identifikasi identitas atau resiko-resiko yang dapat terjadi pada pasien tersebut.

3. Jas Laboratorium
Jas laboratorium ini dikenakan oleh perugas laboratorium dengan tujuan untuk untuk melindungi tubuh pekerja dari percikan cairan kimia yang mungkin bisa berbahaya sehingga dapat meminimalisir cairan tersebut  mengenai pakaian bahkan bagian anggota tubuh.

Jas Laboratorium dapat juga dikatakan sebagai APD (Alat pelindung Diri) sekaligus meningkatkan profesionalitas petuga Laboratorium tersebut.

4. Baju Operasi OK (Operatie Kamer)
Baju Operasi biasanya memiliki seragam berwarna hijau. Baju dengan warna tersebut memiliki fungsi dan tujuan untuk bisa menyegarkan pandangan dan sistem syaraf dalam otak. dan disain untuk baju tersebut biasanya sederhana dan polos yang diharapkan untuk memudahkan gerak dan kepraktisan dalam bertindak.

5. Baju Perawat
Baju perawat amat sangat dominan dengan warna putih. Hal tersebut memiliki arti kesucian, cinta kasih sayang dan ketulusan yang diharapkan dari para perawat dalam merawat para pasiennya dengan sepenuh hati.

Untuk model bisa lengan pendek atau lengan panjang, rok atau celana biasanya hal tersebut untuk menyesuaikan dengan cara kerja para perawat yang cenderung dapat memperoleh keleluasaan dalam melayani pasiennya.

6. Jas Dokter
Jas Dokter berwarna putih dimaksudkan dalam kesiapan dokter melayani pasiennya dalam keadaan tetap bersih. Jika ada suatu partikel yang tidak diinginkan menempel pada jas, akan mudah diketahui dan segera dibersihkan. dengan kata lain pelayanan dokter harus steril

Jas warna putih juga melambangkan kebersihan, yang mencerminkan seorang dokter adalah ciri dari pembawa kesehatan lingkungan dan lambang kebersihan / penyembuhan

Selain itu juga jas tersebut juga sebuah identitas kedokteran, sehingga mudah cepat dikenali. Dengan penggunaan jas dokter, orang lain tidak perlu menanyakan apakah ia dokter atau bukan.

Itulah beberapa Alat kesehatan yang sering digunakan dalam lingkup Rumah Sakit yang mungkin bisa untuk anda ketahui sebagai tambahan informasi seputar peralatan rumah sakit. Bahkan masih banyak lagi alat kesehatan yang belum tersebutkan, dan akan di bahas dalan artikel selanjutnya....
Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close