Skip to main content

Inilah 8 Spesialisasi Kedokteran Gigi Yang Perlu DI Ketahui, Simak Agar Lebih Pas Dalam Perawatan Gigi Anda.

Berbicara mengenai gigi, pastinya anda akan lebih pede jika gigi anda rapi, putih bersih, tidak rusak, dan rapi. Apabila sudah terjadi kerusakan pada gigi anda, apa yang anda lakukan? pastilah anda akan mencari cara perawatan gigi, baik pencegahan maupun pengobatannya. 

Salah satu perawatan yang tidak kalah penting adalah secara rutin melakukan kontrol ke dokter gigi agar gigi tetap terjaga dengan baik dan bisa menditeksi lebih dini bila terjadi kerusakan pada area gigi anda. 






Kelebihan yang akan anda dapat jika melakukan perawatan dan pengobatan pada dokter gigi adalah anda akan mendapat solusi cara perawatan gigi yang benar dan tepat, serta akan mendapatkan resep pengeobatan maupun lainnya.

Selain itu Dokter gigi merupakan dokter spesialis yang bisa anda jadikan sebagai tempat yang tepat dengan perawatan yang telah menggunakan berbagai macam alat canggih dan modern.

Dengan demikian berbagai macam hal bisa diselesaikan dengan aman dan tentunya nyaman dibandingkan dengan anda berkunjung pada pihak yang kurang tepat atau hanya mengandalkan tips perawatan saja.

Dalam suatu kesempatan mungkin anda akan berobat ke dokter gigi, mungkin dihadapkan dengan banyak pilihan dokter yang disediakan yaitu dokter gigi yang memiliki gelar tambahan yang berbeda-beda dengan masing-masing spesialisasinya.

Pada kesempatan ini, akan di jelaskan 8 spesialisasi kedokteran gigi yang ada di indonesia, mudah-mudahan penjelasan ini dapat membantu anda dalam menentukan perawatan gigi ataupun pengobatan gigi yang tepat sesuai keluhan dan masalah anda.

1. Pedodontist / Spesialis Gigi Anak (Sp.KGA)

Keahlian yang dimiliki oleh seorang SpKGA adalah menangani seluruh masalah kesehatan gigi anak, mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan gigi-gigi mereka, membantu mereka menghindari masalah kesehatan gigi di masa yang akan datang dengan pendekatan sesuai psikologis anak, sehingga anak tidak akan mengalami trauma untuk pergi ke dokter gigi.

Dokter Pedodontis akan melakukan pencegahan dan perawatan semua kelainan dan penyakit pada gigi dan mulut anak secara komprehensif, baik anak yang normal, maupun anak dengan kebutuhan khusus. Dokter gigi anak ini biasanya menangani anak dari umur 1 tahun sampai dengan 14 tahun.

2. Orthodontist / Spesialisasi Meratakan Gigi / Kawat Gigi (Sp.Ort)

Dokter gigi ini memiliki keahlian mendiagnosa kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi dan wajah (dentofasial), serta cara penanggulangannya melalui upaya preventif, interseptif dan kuratif baik secara bedah maupun non-bedah, guna mengembalikan fungsi sistem pengunyahan dan estetika yang optimal.

Disamping itu juga dokter yang bergelar SpOrt memberikan perawatan konvensional dan radikal pada maloklusi ringan sampai yang berat.

Secara awan bila anda ingin merapikan / merapikan / mempercantik gigi, dan orang sering melakukan pemasangan kawat gigi, anda dapat datang ke dokter gigi yang bergelar Sp.Ort tersebut.

3.Endodontist / Spesialisasi Konservasi Gigi (Sp.KG)

Dokter gigi ini sering disebut dokter spesialis tambal gigi. Keahlian yang dimiliki adalah perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai dengan kasus (pembuatan veneer, mahkota, pasak, onlay, inlay), perawatan gigi berlubang dalam yang sudah mencapai ke ruang saraf dan pembuluh darah gigi (perawatan saluran akar gigi), dentin hipersensitif, fraktur mahkota gigi, lesi karies radiasi, gigi avulsi, bedah endodontik, pemutihan gigi eksterna dan interna, dan sebagainya

4. Periodontist / Ahli Jaringan Penyangga Gigi (Sp.Perio)

Dokter Periodontist memiliki keahlian terhadap perawatan jaringan pendukung gigi, seperti perawatan gusi berdarah, gusi meradang, penurunan gusi, gigi-gigi yang goyang, menghilangkan karang gigi, bedah periodontal, dan sebagainya.

5. Prostodontist / Ahli Gigi Turunan-Gigi Palsu (Sp.Pros)

Dokter Prostodonsi ini memiliki keahlian terhadap pembuatan restorasi gigi asli dan atau penggantian gigi hilang beserta jaringan lunak rongga mulut dan maksilofasial dengan bahan pengganti buatan.
 
6. Oral & Maxilla Facial Surgeon / Spesialis Bedah Mulut (SpBM)

Dokter yang bergelar SpBM ini memiliki keahlian melakukan tindakan bedah rahang, penanaman implan gigi, operasi gigi bungsu dengan berbagai faktor penyulit, operasi tumor dan keganasan pada kepala, leher, dan rongga mulut, tindakan perawatan celah bibir dan langit-langit mulut, bedah koreksi asimetri wajah, bedah sendi rahang, dan sebagainya.

Bila Anda ingin mencabut gigi yang bermasalah yang tidak sanggup ditangani oleh dokter gigi umum, ini adalah salah satucontoh keahlian dokter SpBM dan yang berkompetensi di permasalahan ini 

7. Oral Medicine / Spesialis Penyakit Mulut (Sp.PM)

Dokter yang memiliki gelar SpPM ini memiliki keahlian terhadap terhadap perawatan kesehatan mulut pada pasien kompromis medik dan diagnosis serta pengelolaan non bedah pada kelainan atau penyakit yang mengenai regio mulut dan sekitarnya, manifestasi penyakit sistemik di rongga mulut serta perawatan kesehatan gigi dan mulut bagi pasien kompromis medik.

Jika anda memiliki luka, sariawan yang tak kunjung sembuh, dan tonjolan pada jaringan lunak mulut yang disebabkan berbagai penyakit sistemik, silahkan anda datang ke dokter yang bergelar SpBM yng memiliki keahlian dalam keluhan tersebut

8. Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (Sp.RKG)

Keahlian dokter yang memiliki gelar SpRKG ini adalah membaca, menganalisa dan menginterpretasikan hasil dari gambar radiologi gigi.

Demikian, semoga anda yang belum memahami gelar-gelar dokter gigi yang mungkin anda lihat di berbagai jadwal dokter yang ada, anda semakin jelas dan tidak bingung lagi dalam memahami dan menentukan dokter yang anda pilih sesuai keinginan dan keluhan anda. Semoga bermanfaat..
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close