Skip to main content

Jam Besuk Rumah Sakit / Waktu Kunjungan Pasien Rawat Inap

Di sebuah rumah sakit terdapat banyak pasien yang sakit itu memang hal yang biasa, karena rumah sakit memang sebuah institusi pelayanan kesehatan yang membantu masyarakat untuk mencari solusi dalam menyembuhkan penyakit fisik mereka. 

Tetapi lain halnya jika kita mendengar bahwa di rumah sakit tersebut ada saudara atau kerabat kita yang sakit atau menjadi pasien di rumah sakit tersebut, pasti kita akan sibuk mencoba mencari informasi banyak hal mengenai si pasien tersebut, sakit apa ya dia?, kapan kita bisa jenguk atau besuk? Jam berapa kita bisa besuk ke sana? Boleh rombongan tidak ya kalau besuk/berkunjung? dan mungkin masih banyak lagi yang ingin digali informasinya .

Untuk menjawab salah satu pertanyaan tersebut, maka kesempatan ini saya akan mencoba membahas mengenai waktu besuk pasien, yang mungkin anda punya masalah dengan waktu tersebut.
 Besuk yang kita kenal sebagai istilah kunjungan ternyata berasal atau diserap dari bahasa belanda yaitu Bezoekuur. Waktu besuk rumah sakit adalah waktu yang digunakan oleh para pengunjung (keluarga/kerabat, kenalan ataupun teman) untuk mengunjungi pasien yang dirawat inap. 

Dalam Kunjungan tersebut mereka bisa melihat kondisi pasien tersebut sebagai cara untuk memberi dorongan dan semangat dalam melewati masa-masa perawatan dirumah sakit yang merawat pasien tersebut. 

Biasanya dalam hal waktu/ jam besuk, banyak sekali komplain dari para pengunjung yang tidak mengerti mengapa diterapkan adanya jam besuk khusus itu. Dari sisi pengunjung biasanya mereka merasa kecewa karena waktu / jam besuk rumah sakit tidak sesuai dengan waktu longgar yang dimiliki oleh pengunjung ataupun mungkin tidak boleh berkunjung dalam kapasitas rombongan yang besar secara bersamaan. 


Biasanya di rumah sakit menerapkan dua kali waktu kunjungan yaitu kunjungan pagi dan kunjungan sore dan biasanya siang digunakan sebagai jam istirahat bagi pasien dan keluarga. Tetapi dalam keadaan tertentu mungkin rumah sakit bisa memberikan kelonggaran waktu diluar jam besuk biasanya, seperti keadaan pasien drop atau kritis butuh pendampingan keluarga dan lain-lain, yang jelas bisa diterima logika.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika sebelum berkunjung carilah informasi mengenai jam besuk di rumah sakit yang dituju. Alasannya adalah agar anda sebagai pengunjung tidak kecewa karena alasan "ini belum jam besuk, anda tidak boleh masuk" dan anda juga bisa secara lancar bertemu dengan pasien yang akan anda kunjungi. Mungkin waktu longgar anda tidak selalu selaras dengan jam kunjung rumah sakit tersebut. Makanya anda harus mencari dan mengatur waktu yang tepat. 

Rumah sakit dalam memberikan waktu kunjungan khusus ini sebenarnya rumah sakit ingin memberikan keleluasan kepada kerabat, kenalan dan khususnya keluarga untuk bisa memberikan dukungan, semangat dan perhatian kepada pasien secara penuh dalam proses penyembuhan atau melewati masa perawatan dirumah sakit, tetapi dengan mempertimbangkan dalam 2 hal penting yang harus diperhatikan yaitu untuk keperluan pasien itu sendiri dan pelayanan rumah sakit. 

Jika tidak ada waktu jam besuk khusus dan ada selalu kunjungan tiap jam, maka pasien bahkan kelaurgapun tidak dapat istirahat dengan efektif. Malah pasien kurang istirahat, bahkan mungkin pasien bisa merasa terganggu. 

Dan kemungkinan yang lain juga bisa jadi dalam kesempatan tertentu pihak rumah sakit tidak mau ada pengunjung dahulu dikarenakan waktu itu digunakan untuk kepentingan pembersihan ruangan, memandikan pasien dan mungkin untuk keperluan khusus lainnya, yang jelas itu semua tujuannya adalah demi kenyamanan pasien dan pengunjung itu sendiri, serta demi pelayanan yang optimal dari pihak rumah sakit. 

Oleh karena itu sebagai pengunjung sebaiknya kita mematuhi aturan itu, kita harus memakluminya, memang mungkin tidak selalu cocok dengan waktu longgar kita, tetapi itu semua ditujukan untuk kebaikan bersama.

Mungkin bila ada pengalaman para pembaca sekalian mengenai jam besuk, baik itu pengalaman yang baik ataupun pengalaman ditolak oleh pak satpam yang sedang jaga karena belum waktunya besuk, atau yang lain, bolehlah anda sempatkan berbagi atau sharing di kolom komentar...

Disini saya coba menyempatkan diri mencari informasi mengenai jam besuk yang saya kumpulkan dari beberapa rumah sakit yang khususnya berada di Palembang. Semoga ini dapat membantu anda dalam menyiapkan waktu yang tepat. 

Jam Besuk RS. AK. Gani Palembang
→Pagi: 10.00 - 13.00
→Sore: 16.00 - 20.00

Jam Besuk RS. Bhayangkara Palembang
→Bebas/ tidak ada jam besuk khusus

Jam Besuk RSUD. Palembang Bari
→Pagi: 10.00 -13.00
→Sore: 17.00 - 20.00

Jam Besuk RS. Bunda Palembang
→Pagi: 10.00 - 12.00
→Sore: 16.00 - 20.00 

Jam Besuk RSIA Hermina Palembang
→Pagi: 11.00 - 12.00
→Sore: 17.00 - 19.00

Jam Besuk RS. Karya Asih/ Charitas Sako Palembang
→Pagi: 10.00 - 12.00
→Sore: 17.00 - 20.00

Jam Besuk RS. Muhammadiyah Palembang
→Pagi: 10.00 - 12.00
→Sore: 16.00 - 20.00

Jam Besuk RS. M. Hoesin/ RSUP Palembang
→Pagi: 10.00 - 12.00
→Sore: 17.00 - 19.00

Jam Besuk RS Myria/ Charitas KM7 Palembang
→Pagi: 10.00 – 12.00
→Sore: 17.00 – 20.00

Jam Besuk RS. Pusri Palembang
→Pagi: 10.00 - 13.00
→Sore: 17.00 - 20.00

Jam Besuk RS. RK. Charitas Palembang
→Pagi: 10.30 – 12.00
→Sore: 17.00 – 19.00

Jam Besuk RS. Siloam Sriwijaya Palembang
→Pagi: 11.00 – 13.00
→Sore: 17.00 – 20.00

Jam Besuk RS. Siti Khadijah Palembang
→Bangsal Humairoh dan Ibnusina: Bebas Jam besuk
→Khusus Bagian kebidanan, Madinah, Marwah, Musdalifah
Pagi: 09.00 - 12.00
Sore: 16.00 - 21.00

Jam Besuk RSIA. YK Madira Palembang
→Pagi: 10.00 - 13.00
→Sore:16.00 - 20.00

Itulah beberapa informasi jam besuk rumah sakit yang ada di Palembang. Jika anda tidak menemukan informasi jambesuk rumah sakit pada daftar di atas. Anda dapat menghubungi Call Center masing-masing rumah sakit di Palembang atau silahkan kunjungi informasi kumpulan Kontak RS Tipe A-B-C-D yang ada di Palembang.
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close